Klinik Bedah Plastik Dr. Indrajana

Tujuan operasi plastik bisa berupa rekonstruksi dan estetika.  Operasi plastik, atau yang lebih dikenal sebagai bedah plastik, adalah suatu prosedur medis yang bertujuan untuk memperbaiki atau memperindah penampilan seseorang bisa dengan memindahkan jaringan, mengurangi atau menambah jaringan tertentu.

Meskipun operasi plastik sering dikaitkan dengan tujuan estetika, seperti memperbaiki wajah yang tidak simetris atau menghilangkan kerutan, namun sebenarnya operasi plastik memiliki banyak tujuan yang lebih luas lagi. Ada yang bertujuan untuk memperbaiki cacat fisik dan/atau mengembalikan fungsi tubuh yang hilang atau terganggu akibat cedera atau penyakit tertentu.

Tujuan Estetika Operasi Plastik Ada Dua

Tujuan estetika bedah plastik adalah untuk meningkatkan atau memperbaiki penampilan fisik seseorang. Estetika bedah plastik mencakup sejumlah prosedur yang dirancang untuk meningkatkan penampilan wajah, tubuh, atau anggota tubuh lainnya.

Estetika ini untuk memperbaiki penampilan sehingga meningkatkan kepercayaan diri, dan meningkatkan kesejahteraan psikologis seseorang.

Beberapa jenis estetika bedah plastik yang populer adalah:

-Rhinoplasty/rinoplasti (operasi hidung), tindakan ini untuk memperbaiki atau mengubah ukuran dan bentuk hidung. Tujuan dari rhinoplasty adalah untuk memberikan penampilan hidung yang lebih baik, dan mungkin jug dapat memperbaiki fungsi hidung.

-Facelift (operasi wajah), dilakukan untuk membantu menghilangkan kerutan dan garis halus di wajah dan leher. Tindakan ini dilakukan agar wajah tampil lebih muda dan segar.

-Liposuction (sedot lemak), untuk mengambil lemak yang berlebihan pada area tubuh tertentu, seperti perut, paha, atau lengan. Tujuan dari liposuction adalah untuk membentuk dan mengencangkan tubuh seseorang sehingga bisa membangun rasa pede.

-Breast augmentation, dilakukan untuk memperbesar atau mengencangkan ukuran atau bentuk payudara.

-Tummy tuck, dilakukan untuk membuat perut yang tadinya menggelambir menjadi kencang. Tujuan dari tummy tuck adalah untuk menghilangkan lemak dan kulit yang berlebihan di sekitar perut, sehingga memberikan penampilan yang lebih ramping dan atletis.

Ketahui Persiapannya

Meskipun estetika bedah plastik dapat membantu meningkatkan penampilan dan kepercayaan diri seseorang, penting untuk diingat bahwa operasi ini memiliki risiko dan efek samping yang serius. Seseorang harus mempertimbangkan risiko dan manfaatnya secara cermat, dan berbicara dengan dokter untuk memahami prosedur dan kemungkinan hasilnya sebelum memutuskan untuk menjalani estetika bedah plastik.

Operasi plastik yang paling banyak dikenal adalah operasi plastik yang bertujuan untuk memperbaiki penampilan seseorang. Beberapa contoh operasi plastik yang memiliki tujuan estetika antara lain:

  • Membentuk wajah yang lebih simetris karena bentuk wajah asimetris dapat menurunkan rasa pede. Beberapa operasi plastik yang bertujuan untuk memperbaiki simetri wajah antara lain rhinoplasty (operasi hidung), mentoplasty (operasi dagu), dan blepharoplasty (operasi kelopak mata).
  • Menghilangkan kerutan dan garis-garis halus penuaan yang kadang sering tidak diinginkan oleh sebagian orang. Beberapa operasi plastik yang bertujuan untuk menghilangkan kerutan dan garis-garis halus antara lain facelift dan forehead lift.
  • Memperbaiki bentuk tubuh yang tidak ideal misalnya liposuction (sedot lemak), breast augmentation (operasi pembesaran payudara), dan tummy tuck (operasi perut).

Meskipun operasi plastik dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dan kesehatan mental seseorang, banyak orang masih memiliki pendapat yang berbeda tentang keuntungan dan tujuan sebenarnya dari operasi plastik.

Tujuan Dari Operasi Plastik

Pada umumnya, tindakan bedah plastik atau operasi plastik bertujuan untuk membantu:

  • Memperbaiki tampilan secara fisik. Contohnya liposuction, breast augmentation, rhinoplasty, blepharoplasty.
  • Perbaikan atau menunjang kesehatan fisik. Contohnya adalah mastectomy (pengangkatan payudara), yang dapat membantu menghilangkan risiko kanker payudara pada orang yang memiliki riwayat keluarga kanker payudara.
  • Perbaikan cacat fisik yang mengganggu fungsi organ, meningkatkan kesehatan atau memperbaiki rasa percaya diri. Contohnya operasi bibir sumbing, celah bibir dan langit-langit.
  • Meningkatkan kesehatan secara mental. Banyak orang yang melakukan operasi plastik merasa lebih percaya diri dan bahagia setelah prosedur selesai. Hal ini dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental seseorang. Beberapa orang yang melakukan operasi plastik juga melaporkan perubahan positif dalam hubungan pribadi dan profesional mereka setelahnya.
  • Perbaikan kualitas hidup dalam berbagai aspek seperti hubungan pribadi, profesional, dan sosial. Orang yang merasa lebih percaya diri dan nyaman dengan penampilan mereka cenderung lebih percaya diri.
  • Mendongkrak rasa percaya diri terutama pada orang-orang yang merasa tidak percaya diri dengan tampilan fisiknya. Misalnya, ukuran hidung yang besar atau bentuk bengkok/asimetris mungkin merasa tidak nyaman dengan penampilan mereka dan memilih untuk melakukan operasi hidung untuk memperbaikinya.

Namun, penting untuk diingat bahwa operasi plastik bukanlah solusi permanen untuk masalah kepercayaan diri. Sebaliknya, operasi plastik hanya memberikan perbaikan fisik sementara karena rasa percaya diri sejatinya harus berasal dari dalam diri seseorang.

Meskipun operasi plastik dapat memberikan banyak manfaat, penting untuk diingat bahwa prosedur ini juga melibatkan risiko dan biaya yang signifikan. Sebelum memutuskan untuk melakukan operasi plastik, seseorang harus melakukan penelitian yang cermat, berkonsultasi dengan dokter yang berpengalaman, dan mempertimbangkan semua faktor yang terlibat dalam prosedur tersebut.

Operasi plastik harus selalu menjadi pilihan terakhir setelah semua upaya lain untuk memperbaiki atau meningkatkan kesehatan dan kepercayaan diri telah dicoba dan gagal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *