Klinik Bedah Plastik Dr. Indrajana

Apakah keloid bisa hilang sendiri tergantung pada pengobatan yang disarankan dokter setelah melakukan serangkaian pengamatan dan pemeriksaan.

Keloid adalah menonjolnya bekas luka. Memilikinya di area tertentu memang kadang cukup mengganggu. Bisa juga tak pede bila lokasinya tidak bisa ditutupi dengan baju berlengan panjang, misalnya. Jadi kadang muncul pertanyaan apakah keloid bisa kempes atau bagaimana menghilangkan keloid dengan cepat karena ingin memiliki kulit mulus tanpa keloid.

Tak hanya tumbuh dari bekas luka. Keloid ini juga bisa muncul setelah tindik, tato atau luka jahitan. Memang dasarnya, keloid bisa tumbuh membesar. Tetapi rasa gatal, sakit atau nyeri bisa juga menyertai. Gejala ini bisa hilang kalau keloid berhenti tumbuh.

Apa Itu Keloid?

Luka keloid itu seperti apa, memiliki tampilan warna lebih gelap dibandingkan dengan kulit sekitarnya. Bentuknya juga menonjol seperti daging tumbuh. Ukurannya juga bisa berubah atau membesar.

Jadi saat area tertentu terluka, maka jaringan parut akan muncul terbentuk di permukaan luka guna melakukan perbaikan dan perlindungan pada kulit yang mengalami luka tersebut. Tetapi kadang, jaringan parut atau skar ini mengeras dan terasa halus.

Reaksi tubuh yang berlebihan saat kulit terluka dapat memproduksi kolagen secara berlebihan pula sebagai respons alami tubuh. Nah kalau Anda termasuk orang yang sangat rentan dengan keloid, maka saat kulit terluka akan memiliki potensi memiliki keloid.

Sedangkan bekas luka biasa, biasanya akan hilang sendiri. Sedangkan keloid itu lebih ‘awet’ dan sulit dihilangkan.

Apakah Keloid Bisa Hilang Sendiri

Pada sebagian orang, keloid ada yang bisa hilang sendiri. Juga ada yang keloidnya semakin bertumbuh.

Ada beberapa pilihan obat penghilang keloid. Awalnya pelembab tertentu atau salep keloid atau salep untuk menghilangkan daging tumbuh bekas luka yang dapat membantu menjaga keloid ini tetap terasa lembut dan tidak mudah teriritasi. Bahkan bisa membantu mengurangi rasa gatal.

Bila tidak ada perubahan atau ukuran daging tumbuh ini membesar dan semakin nyeri atau gatal, dokter bisa menganjurkan bebeberapa cara menghilang keloid yang sudah menahun.

Pilihan tersebut antara lain berupa injeksi kortikosteroid, laser keloid, dan cryosurgery (cryotherapy). Kadang dokter melakukannya dengan mengombinasikan beberapa cara menghilangkan daging tumbuh bekas jahitan.

Bila keloid masih juga ada. Dokter juga dapat menyarankan cryosurgery yang bisa menjadi Langkah efektif atasi keloid yang membandel. Tindakan ini membuat keloid beku dengan nitrogen cair.

Membalutkan gel silikon pada keloid juga bisa menjadi salah satu cara mengempiskan keloid. Bila tidak ada perbaikan, bedah keloid adalah langkah selanjutnya. Di sini Dokter akan mengikis keloid sehingga tidak tampak menonjol lagi.

 Namun harus diingat, kemungkinan keloid ini kembali tumbuh masih ada. Karena ada beberapa tindakan pengobatan yang dianggap sebagai faktor risiko munculnya keloid.

 Apa pantangan keloid, kalau dari makanan sebenarnya tidak ada. Namun sebaiknya hati-hati agar keloid tersebut tidak tergesek secara berlebihan. Hindari untuk menggaruk, menekan atau menariknya karena kemungkinan bisa mengiritasi dan semakin membesar.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *