Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Membandel dengan Skin Graft

Cara menghilangkan bekas luka
Cara menghilangkan bekas luka

Menghilangkan bekas luka menjadi keinginan seseorang yang memiliki luka cukup mengganggu karena merasa bekas luka bisa mengurangi tampilan kulit yang tadinya mulus.

Bekas luka itu bisa saja berasal dari bekas cacar, jerawat, luka lecet, luka bakar, luka iris, bekas cakaran hewan peliharaan. Memang kadang bekas luka itu bisa hilang dengan sendirinya. Tetapi bila luka itu cukup dalam dan lebar, tentu bekasnya tidak cepat hilang. Atau bahkan bisa menimbulkan keloid atau skar yang tumbuh secara berlebihan.

Luka Adalah Penyebab Kerusakan Kulit

Luka adalah rusak atau hilangnya jaringan tubuh akibat terganggunya sistem pelindung tubuh oleh beberapa faktor.

Faktor tersebut adalah cedera, berubahnya suhu, zat kimia, ledakan, arus listrik, api atau tergigit hewan. Bentuknya juga ada yang terbuka dan tertutup. Penanganan luka bertujuan untuk membantu proses penyembuhan.

Saat terjadi luka, maka tubuh akan membentuk serat kolagen sehingga akan terbentuk bekas luka. Hal ini berfungsi untuk perbaikan. Kondisi ini berlaku pada setiap luka, baik luka bakar, cedera, luka pasca operasi dan lainnya akan menimbulkan bekas.

Kadang bila berukuran kecil dan ada pada area tubuh yang tertutup, tentu tidak mengganggu. Namun bila ada pada bagian tubuh yang terbuka, seperti wajah, atau menimbulkan keloid atau skar, tentu akan mengganggu dan dapat mengikis rasa percaya diri. Bekas luka bisa berupa:

  1. Keloid. Terbentuk akibat pembentukan jaringan kulit berlebihan, dengan warna lebih gelap dibandingkan area sekitarnya.
  2. Hipertrofik, terbentuk di bagian kulit yang terluka dan biasanya dapat hilang dengan sendirinya.
  3. Kontraktur, biasanya disebabkan oleh kerusakan atau kehilangan area kulit yang luas, akibat luka bakar salah satunya. Bekas luka kontraktur membuat kulit tampak mengerut dan tertarik sehingga memerlukan cara menghilangkan bekas luka secara khusus.
  4. Atrofi, akan membuat permukaan kulit rata atau bergerigi. Contohnya jerawat, cacar.

Skin Graft dan Scar Revision, Cara Menghilangkan Bekas Luka

Scar revision adalah proses perbaikan atau revisi skar yang terjadi atau menghilangkan bekas luka. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba antara lain laser, skin graft atau cangkok kulit.

Injeksi kortikosteroid, skin graft, menggunakan plester/jel silikon, krim penghilang bekas luka, pressure dressing menjadi beberapa cara menghilangkan bekas luka yang membandel.

Biaya operasi revisi bekas luka bergantung pada metode apa yang akan dokter rekomendasikan setelah melakukan penilaian terhadap luka yang Anda miliki.

Cangkok kulit adalah salah satu prosedur bedah dengan mengangkat kulit dari bagian tubuh tertentu kemudian ditanam ke bagian tubuh yang akan diperbaiki. Biasanya prosedur ini dilakukan pada kasus luka bakar yang luas, cedera atau kanker kulit.

Prosedur ini dalam istilah lain adalah skin grafting. Biasanya dokter spesialis bedah plastik akan mengambil kulit sehat dari bagian tubuh yang tertutup, misalnya bokong, paha bagian dalam.

Skin graft biasanya akan dokter anjurkan untuk membantu proses perbaikan struktur jaringan kulit yang rusak. Misalnya luka bakar, alasan kosmetik/alasan rekonstruktif, luka diabetes, luka terbuka yang luas, luka kontraktur, penyembuhan luka yang buruk.

Hadir sebagai solusi kecantikan Anda. Klinik Utama Dr Indrajana, menghadirkan lebih dari 50 perawatan kecantikan, dengan tim dokter spesialis bedah plastik dan spesialis kulit dan kelamin berpengalaman. Dengan komitmen memberikan perawatan kesehatan secara paripurna.

Tindakan medis yang sesuai rekomedasi, serta mengutamakan kenyamanan dan keamanan pasien menjadi hal utama kami. Klinik Bedah Plastik Dr Indrajana hadir melengkapi kebutuhan perawatan kesehatan dan kecantikan masyarakat Indonesia.

Artikel Lainnya

Klinik Bedah Plastik Dr Indrajana memberikan informasi terkini dalam dunia bedah plastik rekonstruksi maupun estetika

Persiapan Operasi Plastik Itu Perlu Apa Saja?

Persiapan Operasi Plastik Itu Perlu Apa Saja?

Persiapan operasi plastik sebaiknya dilakukan dengan prima. Jenis persiapan sebelum operasi plastik memang akan bergantung pada operasi plastik apa yang dilakukan dan pilihan pembiusan (anestesi) yang akan

Bibir Tebal atau Bibir Tipis, Mana yang Ideal dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Bibir Tebal atau Bibir Tipis, Mana yang Ideal dan

Bibir tebal kadang menjadi keinginan sebagian besar orang karena merasa bibir tebal dapat membuat penampilan semakin menarik. Bentuk bibir ideal juga bisa tipis atau tebal. Nah kini

Benjolan di Bawah Kulit atau Lipoma, Bisa Menganggu Penampilan

Benjolan di Bawah Kulit atau Lipoma, Bisa Menganggu Penampilan

Benjolan di bawah kulit disebut juga dengan lipoma. Lipoma adalah benjolan di bawah kulit akibat pertumbuhan jaringan lemak. Tumbuhnya benjolan lipoma ini biasanya secara perlahan dan ada

Daftar Online