Klinik Bedah Plastik Dr. Indrajana

Otoplasty di Jakarta yang salah satunya di area Tanah Abang, dapat menjadi pilihan lokasi bila ingin memperbaiki bentuk daun telinga yang terlalu lebar.

Otoplasty berarti rekonstruksi telinga. Tindakan ini termasuk bedah kosmetik untuk memperbaiki bentuk dan ukuran telinga luar.

Istilah ini juga disebut dengan pinnaplasty karena tindakan ini dilakukan pada pinna yang artinya daun telinga.

Orang memiliki keberagaman bentuk dan ukuran telinga yang berbeda. Pada beberapa kasus, ada orang yang merasa kurang puas dengan bentuk dan ukuran telinganya. Pasalnya, telinga bisa jadi menjadi salah satu area yang dapat membantu menunjang penampilan.

Selain penampilan, tindakan rekonstruksi telinga juga dapat dilakukan untuk alasan medis. Contohnya untuk perbaikan masalah pendengaran. Pasalnya, bentuk dan ukuran daun telinga, mungkin dapat berdampak terhadap cara kerja telinga dalam menangkap suara.

Otoplasty di Jakarta

Terkadang ukuran daun telinga yang terlalu besar. Kadang sering mendengar istilah kuping ‘caplang’ atau seperti daun telinga gajah si Dumbo. Daun telinga tumbuh lebih besar dibandingkan dengan ukuran yang normal.

Kelainan bentuk daun telinga atau ukuran telinga yang tidak ideal mungkin disebabkan tidak terbentuk secara sempurna akibat cacat bawaan atau pernah mengalami cedera.

Otoplasty ini bertujuan untuk perbaikan atau menyeimbangkan ukuran telinga terhadap wajah. Bisa

juga untuk perbaikan luka pasca-kecelakaan/cedera atau kecacatan.

Ada beberapa faktor atau kondisi tertentu yang mungkin menjadi pertimbangan untuk melakukan otoplasty di Jakarta, antara lain:

  • Posisi terlalu jauh dari kepala
  • Ukuran terlalu besar
  • Bentuk tidak simetris
  • Tidak puas dengan tindakan sebelumnya

Kelainan bawaan sejak lahir dapat juga terjadi pada telinga. Salah satunya adalah microtia/mikrosia.  Microtia terdiri dari kata micro/mikro yang artinya kecil dan otia yang artinya telinga. Jadi microtia adalah bentuk telinga luar yang kecil, abnormal atau bahkan suatu kondisi tanpa adanya telinga luar.

Jika kondisi ini hanya pada salah satu telinga dinamakan unilateral microtia dan bila keduanya, dikenal sebagai bilateral microtia. Bentuk unilateral lebih banyak terjadi daripada bilateral.

Ini Ada Pilihannya

Otoplasty atau otoplasti dilakukan dokter bergantung pada kondisi dan tujuan.

  • Augmentasi telinga, yang mengubah ukuran bagian luar telinga atau menambah ukuran telinga yang tumbuh dengan gangguan pertumbuhan.
  • Ear pinning, perbaikan bentuk telinga yang terlalu besar agar posisi daun telinga menjadi lebih ideal dan bisa mendekati kepala.
  • Ear reduction, pada orang-orang dengan makrosis, ukuran telinga yang lebih dari ukuran normal atau ideal.

Dokter spesialis bedah plastik akan melakukan rekonstruksi ini dengan cara menggunakan tulang rawan atau kartilago yang ada pada area belakang telinga. Proses otoplasty di Jakarta biasanya memerlukan waktu sekitar 1-2 jam.

Pasca-Otoplasty di Jakarta

Seusai otoplasty di Jakarta, dokter akan menutup daun telinga dengan perban. Mungkin dokter akan meresepkan obat antinyeri.

Hindari berbaring ke salah satu sisi, jangan menggaruk atau menekan bekas luka insisi, dan usahakan gunakan baju dengan kancing atau baju berkerah longgar.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *