Ptosis Kelopak Mata atau Blefaroptosis, Bisa Mengganggu Penglihatan

Ptosis kelopak mata
Ptosis kelopak mata

Ptosis kelopak mata bisa saja mengganggu penampilan. Atau mungkin bisa menjadi salah satu tanda adanya kelainan atau penyakit tertentu.

Ptosis adalah blefaroptosis merupakan keadaan turunnya kelopak mata atas (palpebra superior). Istilah lainnya adalah ptosis eye, ptosis eyelid, atau ptosis palpebral.

Kondisi blefaroptosis bisa terjadi hanya salah satu kelopak mata kiri atau kanan saja (unilateral) atau kedua kelopak mata (bilateral). Bahkan kadangkala tampak mata kecil sebelah.

Blefaroptosis dapat menimbulkan masalah kosmetik dan fungsional sebagai akibat terjadinya gangguan pada lapangan pandang terutama pada mata yang terlibat.

Ptosis Kelopak Mata dan Pengertian Ptosis

Dalam kondisi yang berat, menurunnya kelopak mata dapat menutupi sebagian besar atau seluruh pupil, sehingga penglihatan jadi terbatas atau bahkan terhalang sepenuhnya. Sehingga dapat menyebabkan anak mengalami kesulitan saat membaca karena lapang pandangnya menjadi terbatas.

Kondisi menurunnya kelopak mata atas ini adalah congenital ptosis (ptosis kongenital atau bawaan) dan acquired ptosis (didapat).

Dikatakan blefaroptosis kongenital bila terjadi sejak lahir. Sedangkan blefaroptosis yang didapat biasanya terjadi setelah usia 1 tahun.

 

Apa Penyebab Kelopak Mata Turun Sebelah?

Adanya kelemahan pada otot kelopak mata menjadi penyebab umumnya. Otot ini disebut dengan otot levator palpebra. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan ptosis eye.

Berikut beberapa kemungkinan penyebab ptosis kelopak mata:

  • Faktor usia
  • Miastenia gravis/myasthenis gravis, melemahnya otot secara bertahap dan bisa menyeluruh
  • Kelainan pada otot/distrofi
  • Kerusakan jalur saraf mata, misalnya sindrom Horner
  • Tumor
  • Infeksi
  • Cedera
  • Efek samping pengobatan tertentu

Ini Tanda Adanya Ptosis

Ptosis eye atau ptosis mata mengharuskan mengubah kepala (mendongakkan kepala atau mengangkat dagu) saat membaca atau melihat.

Tidak hanya itu, kadang perlu mengangkat alis atau mencoba mengangkat kelopak mata menjadi lebih tinggi. Bila hal ini berlangsung terus menerus, kemungkinan bisa menyebabkan otot mata menjadi lemah, atau bahkan sakit kepala.

Bagaimana Cara Menyembuhkan Ptosis (Ptosis Correction)

Operasi ptosis mata biasanya menjadi salah satu solusinya. Karena sudah mengganggu aktivitas harian akibat menyempitnya atau terbatasnya lapang pandang. Sehingga lama kelamaan kelopak mata atas mengalami kelelahan dan pupil tertutup saat melihat ke arah bawah atau saat membaca.

Alasan utama mengapa perlu operasi blefaroptosis, pertama adalah kosmetik dan perbaikan lapang pandang atau perbaikan penglihatan. Diharapkan dengan perbaikan ini akan mendapatkan hasil sebaik mungkin agar posisi kelopak mata kembali ke posisi yang adekuat.

Ptosis kelopak mata atau blefaroptosis, perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis mata guna mengetahui apa penyebabnya.

Pada orang dewasa dengan ptosis kelopak mata, dapat dilakukan prosedur bedah plastik guna memperbaiki kelopak mata.

Biaya operasi ptosis oleh dokter spesialis bedah plastik bervariasi, dari belasan juta rupiah. Untuk mengetahui biaya pastinya, bisa tanyakan langsung saat berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik.

Apakah kelopak mata turun bisa sembuh, bergantung pada penyebabnya. Bila ada penyakit atau kondisi medis tertentu yang menyebabkan kondisi ini, maka perlu mendapatkan terapi yang sesuai.

Bagaimana cara menghilangkan kelopak mata yang berlipat, atau cara memperbaiki mata ptosis, dokter spesialis bedah plastik bisa saja merekomendasikan tindakan blepharoplasty atau blefaroplasti.

Ptosis kongenital, dokter akan melakukan koreksi sedini mungkin agar tidak terjadi perburukan kondisi mata, contohnya ambliopia (amblyopia).

 

 

Hadir sebagai solusi kecantikan Anda. Klinik Utama Dr Indrajana, menghadirkan lebih dari 50 perawatan kecantikan, dengan tim dokter spesialis bedah plastik dan spesialis kulit dan kelamin berpengalaman. Dengan komitmen memberikan perawatan kesehatan secara paripurna.

Tindakan medis yang sesuai rekomedasi, serta mengutamakan kenyamanan dan keamanan pasien menjadi hal utama kami. Klinik Bedah Plastik Dr Indrajana hadir melengkapi kebutuhan perawatan kesehatan dan kecantikan masyarakat Indonesia.

Artikel Lainnya

Klinik Bedah Plastik Dr Indrajana memberikan informasi terkini dalam dunia bedah plastik rekonstruksi maupun estetika

Persiapan Operasi Plastik Itu Perlu Apa Saja?

Persiapan Operasi Plastik Itu Perlu Apa Saja?

Persiapan operasi plastik sebaiknya dilakukan dengan prima. Jenis persiapan sebelum operasi plastik memang akan bergantung pada operasi plastik apa yang dilakukan dan pilihan pembiusan (anestesi) yang akan

Bibir Tebal atau Bibir Tipis, Mana yang Ideal dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Bibir Tebal atau Bibir Tipis, Mana yang Ideal dan

Bibir tebal kadang menjadi keinginan sebagian besar orang karena merasa bibir tebal dapat membuat penampilan semakin menarik. Bentuk bibir ideal juga bisa tipis atau tebal. Nah kini

Benjolan di Bawah Kulit atau Lipoma, Bisa Menganggu Penampilan

Benjolan di Bawah Kulit atau Lipoma, Bisa Menganggu Penampilan

Benjolan di bawah kulit disebut juga dengan lipoma. Lipoma adalah benjolan di bawah kulit akibat pertumbuhan jaringan lemak. Tumbuhnya benjolan lipoma ini biasanya secara perlahan dan ada

Daftar Online